Friday, March 9, 2012

Irisan dan Potongan "Everyday Politics"


David Efendi

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang genealogis dan berbagai praktik empirik 'everyday politics' yang secara sadara atau tidak sadar kita sering menemukannya dalam kehidupan sehari-hari. Justru karena seringnya ekspresi ini sebagai suatu feneomena umum maka kita nyaris kehilangan perhatian terhadap dinamika ini. Ada sedikit banyak pendapat bahwa genre ini masuk sebagai antropologi, atau socilogy dengan ethnografinya. Tetapi saya lebih asik kalau fenomena ini menjadi kajian multi disiplin dna bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Inilah ilmu yang sangat dinamis, kajian yang sangat menarik untuk memahami diri, kelompok, dan gerakan sosial budaya dan politik yang ada di dekat kita.

The Power of Everyday Politics: Pelajaran dari Beberapa Kasus


David Efendi

DavidEfendi/Doc
Definisi mengenai apa yang saya maksud sebagai everyday politik tidak perlu saya ulang lagi disini dan bisa mengacu pada artikel saya sebelumnya. Kata kunci dari everyday politik, minimal sudah dipahami, yaitu inderect (tidak langsung) dan unorganized (tidak terorganisir). Jika mereka mendukung atau tidak suatu kebijakan dan proyek pembangunan mereka tidak mempertunjukkan dalam ekpresinya kepada penguasa (pemegang otoritas negara dalam konsep Weberian). Namun mereka sangat mudah dipahami oleh orang sekelilingnya dan orang dekatnya lantaran expresi itu bukanlah suatu yang asing dalam masyarakat. Sesekali pengambil kebijakan tahu makna gerak dan bahasa mereka tetapi acuh.

Nyanyian dan Puisi Sebagai Ekpresi "Everyday Politics"


David Efendi

Terlepas pemahaman kita yang berbeda tentang arti politik saya mencoba membicarakan tentang arti politik yang bukan merupakan pemahaman kebanyakan orang atau akademisi pengkaji politik. Jika politik dipahamai sebagai siapa mendapatkan apa dan bagaimana caranya? ini merupakan makna politik yang sangat universal dan abstract namun disini lain pengertian ini melegitimasi pemahaman kita bahwa kekuasaan itu milik siapa saja, kekuatan untuk makar dan melawan itu bisa muncul dari individu dan kelompok tertentu. Pengertian politik Laswell ini sedikit banyak membantu kita memahami dinamika everyday politics.


Benedict kervliet (1984, 2010) dengan tegas membedakan locus kajian everyday politik dengan tipe politik lainnya. Ada tipe jenis lain selaian everyday politik yaitu jenis kelamin politik yang sering membuat kita pusing dan pening yaitu official politik (executive, legislative, dan legislative ala Trias Politica Paman Montesquieu), dan yang kedua adalah bentuk politik advokasi yang dipelopori oleh organisasi civil society atau NGO. Sementara James Scott (1978) lebih memberikan penekanan pada everyday

Politik Sehari-hari: Ringan dan Reflektif


David Efendi

1. Setahun lalu sempat terpikirkan apa yang ditulis oleh Bill Liddle dan Saiful Mujani terkait Indonesia sebagai Masyarakat islam tetapi demokrasinya sekuler. Hal ini merambah pada keyakinan lainnya bahwa Indonesia ini bukan negara agama tetapi masyarakatnya 100% bisa dikatakan memeluk agama dan kepercayaan tetapi ideologi pasarnya liberal dan kapitalis, masyarakatnya materialis, pejabatnya terjangkiri kleptokratis.

Jalan Menuju Revolusi Peradaban Sampai di Wall Street, USA


David Efendi, Pengikut Tarikat Online


"Apa saja yang terjadi akhir-akhir ini adalah tepat dalam skenario-Nya. Hanya kita tidak atau sedikit mengerti. Inilah buah ajaran Cokro Manggilingan" (Tarikat Online, Ki Daud Jogo Samudro).

Menulis catatan kecil ini, telah mengorbankan jam tidur dan santai di hari minggu. Selain itu juga menggagalkan acara makan malam dan minum kopi sambil membaca dan membolak-balik halaman buku yang sudah lebih dari 70 aku pinjam bulan lalu. Ini sudah Oktober. Kalau dihitung ini sudah hampir tiga pekan protes di Wall Street berlangsung (semenjak 17 September-3 October 2011).